Hadits Hadits Tak Jelas Hadits Hadits Tak Jelas

قُلْ يَٰٓأَهْلَ ٱلْكِتَٰبِ تَعَالَوْاْ إِلَىٰ كَلِمَةٍۢ سَوَآءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ أَلَّا نَعْبُدَ إِلَّا ٱللَّهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهِۦ شَيْـًٔا وَلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا أَرْبَابًا مِّن دُونِ ٱللَّهِ ۚ فَإِن تَوَلَّوْاْ فَقُولُواْ ٱشْهَدُواْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ

Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatu pun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai Tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: "Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)". (QS. Al Imran [3]: 64)

Qawluna

Apakah Tuhan yang kau sembah samadengan Tuhan yang disembah Muhammad saw ?

Apakah Islam yang kau anut itu samadengan Islam yang dianut oleh Muhammad saw ?

Apakah Kitab yang kau baca itu samadengan Kitab yang dibaca oleh Muhammad saw?

Kapan jiwamu tunduk kepada Pencipta Langit Dan Bumi padahal tubuhmu PASTI tunduk kepada Pencipta Langit Dan Bumi ?

Hadits Hadits Tak Jelas

Hadits Hadits Tak Jelas


Kumpulan Hadits di bawah ini derajat keshahihannya dinyatakan oleh Para Ahli Hadits dengan derajat macam macam. Ada yang dinyatakan “Tiada ashalnya” “Dlaif” dan “Palsu” . Dan Sekedar informasi saja untuk Kaum Muslimin, bahwa derajat suatu Hadits dinyatakan “Dlaif” karena beberapa sebab, di antaranya :
a.  Karena “Putus Jalur Sanad” (asal usulnya tidak jelas)
b.   Karena di antara Pembawa hadits ada yang pernah berbohong
c.   Karena di antara Pembawa hadits ada yang lemah ingatan

Jadi, jika ada matan hadits yang dinyatakan lemah, BELUM TENTU ISI MATAN dari Hadits itu palsu. Bisa jadi isi matannya benar tetapi karena salahsatu sebab di atas, maka hadits itu ditakhrij dengan derajat DLA'IF (LEMAH).

Imam Bukhary dan Muslim adalah dua orang Perawi Hadits yang extra ketat menyeleksi hadits. Semua kalangan Ahli Hadits tak  ragu dengan Shahih Bukhary dan Muslim. Berbeda dengan Imam Ghazaly yang termasuk Ulama Khalafiyah ( Ulama Modern) dalam penukilan haditsnya banyak yang dinyatakan LEMAH oleh Ahli Hadits.

Tentu saja, banyak Ulama Ahli Hadits yang menentang cara Imam Ghazai menukil Hadits. Dan ketika masalah ini ditanyakan kepadanya oleh Para Ulama di zamannya, Imam Ghazali menjawab bahwa ia menyeleksi hadits dengan metode yang berbeda. Jika Para Ahli Hadits secara umum menyeleksi hadits dengan metode interview dan literatur, maka Imam Ghazali menyeleksi hadits dengan metode Mukasyafatul Qulub ( bashirah).

Imam Ghazali menyeleksi hadits cukup dengan mencium hadits itu. Jika tercium bau wangi, maka ia benar HADITS NABI. Jika tidak, maka bukan hadits Nabi.

Apa yang dipaparkan dalam blog in bukan untuk menyalahkan, tetapi hanya memaparkan hasil sortiran dari para Ahli Hadits yang menyeleksi hadits dengan cara yang umum dipakai Para Ahli Hadits.

Secara Pribadi, saya tak berani menyatakan PALSU / BOHONG pada suatu hadits yang dinyatakan dengan derajat berbeda antara Ahli yang satu dan Ahli yang lainnya. Hal ini mengingat apa yang menjadi metode Imam Ghazali menyortir Hadits dengan cara yang tak mampu dilakukan oleh Para Ulama biasa.

Jadi, Kepada Para Pembaca …Hendaknya menyikapi hadits hadits yang dinukil di bawah ini dengan sikap arif.  Bahkan kalau bisa,  tanyakan kepada Ahli Hadits yang berkompeten di bidangnya dengan tetap mengacu pada dalil yang utama yaitu Al Quran.  Dan jika ada informasi hadits yang berbeda dengan isi Al Quran,  Anda harus harus punya sikap yang tegas. 


1.
اعمل لدنياك كأنك تعيش أبداً ، واعمل لآخرتك كأنك تموت غداً  (ضعيف)

Bekerjalah untuk duniamu seolah kamu hidup selamanya. Dan bekerjalah untuk akhiratmu seolah kamu besok akan mati


2.
الأذان والإقامة في أذن المولود  (ضعيف)
Hendaknya setiap anak yang dilahirkan diadzani dan diiqamati (dlaif)


3.
أنا جدُّ كل تقي (ضعيف)

Aku kakek (moyang) orang orang bertaqwa


4.
زينوا موائدكم بالبقل فإنه مطردة للشيطان مع التسمية ( موضوع)  

Hiasilah hidangan makan kalian dengan sayur-mayur karena itu merupakan pengusir setan sambil mengucap asma Allah [palsu]

//**    Hadits yang tersebut di atas dengan musnad Ad Daylamy dari Abu Umamah. Dinyatakan Dlaif Oleh Ibn Ghars. Dan Ibnu Qayyim menyatakan sebagai “Hadits PALSU”. Tetapi ada kemiripan dengan matan    “احضروا موائدكم البقل فإنه مطردة للشيطان “ (hidangkalah makanan sayuran karena sayuran2 itu dapat mengusir syaithan)

Hadits yang serupa dengan matan di atas adalah  :


 (حديث مرفوع) أَحْضِرُوا مَوَائِدَكُمْ الْبَقْلَ  فَإِنَّهُ مَطْرَدَةٌ لِلشَّيْطَانِ مَعَ التَّسْمِيَةِ " . رَوَاهُ الْعَلاءُ بْنُ مَسْلَمَةَ الرَّوَّاسُ الْبَغْدَادِيُّ ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ مَغْرَاءَ الْكِرْمَانِيُّ ، عَنِ ابْنِ عَيَّاشٍ ، عَنْ بُرْدٍ ، عَنْ مَكْحُولٍ ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ . وَالْعَلاءُ هَذَا يَضَعُ الْحَدِيثَ

[ini hadits shahih]    **//


5.
الحكمة ضالة كل حكيم ، فإذا وجدها فهو أحق بها (ضعيف. "المتناهية" لابن الجوزي)

Kebijakan adalah kesesatan bagi Hakim. Barangsiapa mendapatkan kesesatan itu maka dia lebih benar


6.
 إياكم والحسد فإن الحسد يأكل الحسنات كما تأكل النار الحطب  (ضعيف. "التاريخ الكبير"  . "مختصر سنن أبي داود" للمنذري)

Jauhilah olehmu hasad (dengki). Karena dengki itu menghilangkan kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar [dlaif]



7.

حب الوطن من الإيمان (موضوع)    
Cinta tanah air sebagian dari iman [palsu]

//** Menurut Al Bany dalam ‘Silsilati Ahaditsidl Dla’ifah’ itu “Hadits palsu”. Menicintai tanah air itu adalah azasi manusia seperti mencintai diri sendiri, harta dan kepemilikan lainnya. Karena itu “Mencintai Tanah Air”  bukan merupakan Penetapan Iman  **//


8.
عليكم بالقرع فإنه يزيد في الدماغ وعليكم بالعدس فإنه قدس على لسان سبعين نبيا (موضوع)   

Hendaknya kalian makan labu karena labu dapat menambah kecerdasan. Hendaknya kalian memakan adas, sebab adas sudah disucikan melalui ucapan 70 orang nabi  [palsu]


9.
شهر رمضان معلق بين السماء والأرض ولا يرفع إلى الله إلا بزكاة الفطر (ضعيف)  

Bulan Ramadhan tergantung antara langit dan bumi, tidak diangkat ke hadirat Allah kecuali oleh zakat fitrah  [palsu]



10.
من صلى في مسجدي أربعين صلاة لا يفوته صلاة كتبت له براءة من النار ونجاة من العذاب، وبرئ من النفاق  (ضعيف)

Barangsiapa yang shalat di masjidku 40 kali tidak putus, maka wajib baginya terhindar  darin siksa neraka, selamat dari siksa dan terhindar dari sikap munafiq  [dlaif]


11.
من زار قبر أبويه أوأحدهما في كل جمعة غفر له وكتب برا (موضوع) 

Barangsiapa menziarahi makam kedua orang tuanya atau salah seorang dari mereka pada setiap hari jum’at,  terampuni dosanya dan dicatat sebagai anak yang berbakti  [palsu]


12.
عليكم بدين العجائز (لا أصل له)

Hendaklah kalian berpegang pada agama wanita-wanita tua  [tidak ada asalnya]


13.
  لولا النساء لعبد الله حقا حقا . ( موضوع) 

Kalau bukan karena wanita, niscaya Allah akan disembah dengan sungguh-sungguh [palsu]


14.
  إختلاف أمتي رحمة ( لا أصل له)    

Perselisihan di antara umatku adalah rahmat  [tidak ada asalnya]


15.
 أصحابي كالنجوم بأيهم اقتديتم اهتديتم  . وفي لفظ : إنما أصحابي مثل النجوم فأيهم أخذتم بقوله اهتديتم   ( قال ابن حزم : خبر مكذوب موضوع باطل لم يصح قط."الإحكام في أصول الأحكام" و . وقال الألباني: موضوع. "الضعيفة". وانظر "جامع بيان العلم وفضله" لابن عبد البر )

Sahabat-sahabatku bagaikan bintang-bintang. Yang mana saja kalian jadikan panutan, kalian akan mendapat petunjuk. Atau dengan lafadh lain: Sesungguhnya Para Sahabatku itu seperti bintang bintang, siapapun yang anda ambil ucapannya maka akan menjadi petunjuk bagimu  [palsu]


16.
إنما بعثتُ مُعَلِّماً     (قال الألباني : ضعيف. "تخريج الإحياء )
Sesungguhnya aku diutus menjadi Pengajar (guru)


17.
من ولد له مولود. فأذن في أذنه اليمنى وأقام في أذنه اليسرى لم تضره أم الصبيان  (موضوع . "الميزان" للذهبي . "مجمع الزوائد" للهيثمي . "تخريج الإحياء")
Barangsiapa yang melahirkan anak bayi, kemudian diadzani di kuping kanan lalu diiqamati di kuping kiri, maka tak akan diganggu Ibu Anak2 (dedemit) [palsu]


18.
السخي قريب من الله، قريب من الجنة. قريب من الناس، بعيد من النار، والبخيل بعيد من الله، بعيد من الجنة، بعيد من الناس ، قريب من النار وجاهل سخي أحب إلى الله من عابد بخيل  ( ضعيف جدّاً . "المنار المنيف"  . "ترتيب الموضوعات" . "اللآلئ المصنوعة" )

Dermawan berarti dekat dari Allah, dekat dari sorga, dekat manusia dan jauh dari neraka. Sedangkan kikir (pelit) berarti jauh dari Allah, jauh dari sorga dan dekat dari neraka.orang bodoh yangt bodoh dermawan lebih dicintai Allah daripada Ahli ibadah yang kikir [dekat]


19.
ما فضلكم أبو بكر بكثرة صيام ولا صلاة ، ولكن بشيء وقر في صدره  (لا أصل له . "الأسرار المرفوعة" لعلي القاري. "الأحاديث التي لا أصل لها في الإحياء" للسبكي  . "المنار المنيف" )

Keutamaan Abu Bakar itu bukan banyaknya puasa dan shalat. Tetapi karena mulia hatinya [tidak tahu ashalnya]


20.
يا أيها الناس قد أظلكم شهر عظيم ، شهر فيه ليلة خير من ألف شهر جعل الله صيامه فريضة وقيام ليلة تطوعاً..الخ  (ضعيف . "العلل" لابن أبي حاتم. "الضعيفة")

Wahai manusia...sungguh telah menaungi kalian bulan yang agung. Bulan yang di dalamnya ada malam yang lebih baik dari 1000 bulan, yang menjadikan kewajiban puasa dan shalat malam sebagai sunnah tambahan [dlaif]


21.
سألت ربي فيما اختلف فيه أصحابي من بعدي فأوحى الله إلي يا محمد إن أصحابك عندي بمنزلة النجوم في السماء بعضها أضوء من بعض فمن أخذ بشيء مما هم عليه من إختلافهم فهو عندي على هدى (موضوع)  

Aku tanyakan kepada Rabb-ku tentang perselisihan para sahabatku sepeninggalku, maka ia mewahyukan kepadaku, “Ya Muhammad, sesungguhnya kedudukan para sahabatmu di sisi-Ku bagaikan bintang-bintang di langit, sebagian lebih terang sinarnya dari yang lain. Siapa saja yang mengambil teladan dari apa yang mereka perselisihkan, maka di sisi-Ku berarti mengikuti petunjuk [palsu]


22.

أهل بيتي كالنجوم بأيهم اقتديتم اهتديتم (موضوع)  

Ahli baitku bagaikan bintang-bintang, dari mana saja kalian minta bimbingan, kalian akan mendapat petunjuk  [palsu]


23.
كفى بالموت واعظا وكفى باليقين غنى وكفى بالعبادة شغلا (ضعيف جدا)

Cukuplah kematian sebagai nasihat, cukuplah keyakinan sebagai kekayaan, dan cukuplah ibadah sebagai kesibukan   


24.
من عرف نفسه فقد عرف ربه  ( لا أصل له)       

Barangsiapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhan-nya. [tidak ada asalnya]

//** Pendapat :
1.     An Nawawy : Itu tidak punya ketetapan sebagai hadits.
2.     Ibnu Taymiyah menyatakan bahwa hadits tersebut PALSU
3.     Zarkasyi menyatakan bahwa Ibnu Sam’any menyebutkan “itu perkataan Yahya bin Mua’adz Ar Rozy”

Makna dari Kalimat  من عرف نفسه فقد عرف ربه  adalah :
1.   Nawawi  dalam ‘Fatwa fatwanya’ : Barangsiapa yang mengenal kelemahan dirinya dan merasa faqir (butuh) kepada Allah swt dan beribadah kepadanya, maka ia mengenal Kekuatan, Ketuhanan dan Kesempurnaan ShifatNya yang Muthlaq.
2.   Tajuddin Ibn ‘Athaillah dalam ‘Lathaiful Manan’ : Dia mendengar penjelasan dari Abu Abbas bahwa hadits ini mempunyai dua ta’wil:
·       Barangsiapa yang mengenal dirinya, kelemahannya, kekurangannya dan kefaqirannya, maka ia mengenal Allah dengan KegagahanNya, KekuasaanNya dan KekayaanNya. Inilah yang dimaksud “Kenal Diri”. Awal dari “Ma’rifatullah” ( ini Golongan Salik)
·       
Barangsiapa mengenal dirinya, maka itu menunjukkan dirinya mengenal Allah sebelumnya  (golongan Jadzabillah).

Kalimat من عرف نفسه فقد عرف ربه  walapun dinyatakan oleh para Ahli Hadits sebagai BUKAN HADITS, melainkan ucapan seorang shufi , namun dari segi makna dan maksud dapat diterima oleh Para Ahli Tashawuf.   **//



25.
لما قدم النبي صلى الله عليه وسلم المدينة جعل النساء والصبيان والولائد يقولون :  طلع البدر علينا   #  وجب الشكر علينا  #  أيها المبعوث فينا    #    من ثنيات الوداع    #  ما دعا لله داع   #   جئت بالأمر المطاع  #  ( ضعيف. "أحاديث القصاص" لابن تيمية. "تذكرة الموضوعات")

Ketika Nabi saw dating ke Madinah, para wanita, anak anak dan bocah bocah menyambut dengan : thala’al badru….dst (telah muncul purnama pada kami # kami wajib mensyukuri # wahai orang yang diutus ke kami # dari dua sisi lembah # yang menyeru kepada Allah # engkau datang dengan membawa perintah untuk ditaati #) [dlaif]


26.
عجلوا بالصلاة قبل الفوت وعجلوا بالتوبة قبل الموت (موضوع - ومعناه صحيح أورده الصنعاني في الأحاديث الموضوعة)  

Segerakanlah shalat sebelum terlambat dan segerakanlah taubat sebelum wafat. [palsu, tetapi maknanya shahih. As-Shan’ani meriwayatkannya juga dalam deretan hadits-hadits maudhu]


27.
الحديث في المسجد يأكل الحسنات كما تأكل البهائم الحشيش  وفي لفظ : الحديث في المسجد يأكل الحسنات كما تأكل النار الحطب   (قال الحافظ العراقي: لم أقف له على أصل، قال عبد الوهاب ابن تقي الدين السبكي : لم أجد له إسناداً ، قال الألباني : لا أصل له. "تخريج الإحياء"  . "طبقات الشافعية" للسبكي  . "الضعيفة" )

Berbicara dalam masjid akan menghiangkan kebaikan seperti binatang makan rumput. Atau dengan lafadh lain : berbicara di dalam masjid akan menghilangkan kebaikan seperti api memakan kayu bakar [tidak tahu ashalnya]


28.
نعم المذكر السبحة . ( موضوع)   
Sebaik-baik alat untuk berdzikir adalah tasbih [palsu]


29.
إذا صعد الخطيب المنبر فلا صلاة ولا كلام  ( باطل)   

Bila Khatib telah menaiki mimbar [pada shalat jum’at], maka tidak diperkenankan shalat ataupun bicara [bathil]

// **    Hadits yang mirip dengan hadits di atas adalah :

عن أبي هريرة رضي الله عنه عنه صلى الله عليه وسلم قال  وإذا قلت لصاحبك يوم الجمعة والإمام يخطب أنصت فقد لغوت (أخرجه الستة)

(jika kamu berkata kata pada temanmu di kala jumatan, maka DIAMLAH, sebab omonganmu akan menjadi laghaw (mengurangi kesempurnaan Shalat)

Hadits ini Shahih.

Hadits yang dari Abu Hurayrah itu bukan larangan Orang shalat di kala Khathib lagi membacakan khuthbah. Tetapi yang dimaksud adalah LARANGAN BERCAKAP CAKAP (ngobrol).


رواه الدارقطني في سننه من حديث عبيد بن محمد العبدي ، حدثنا معتمر عن أبيه عن قتادة عن أنس قال دخل رجل المسجد ورسول الله صلى الله عليه وسلم يخطب ، فقال له النبي صلى الله عليه وسلم : قم فاركع ركعتين ، وأمسك عن الخطبة حتى فرغ من صلاته  ثم قال : أسنده محمد بن عبيد العبدي ووهم فيه ، ثم أخرجه عن أحمد بن حنبل : حدثنا معتمر عن أبيه قال { جاء رجل } الحديث

Ketika Rasulullah saw membacakan khuthbah, ada seorang lelaki yang masuk masjid, maka Rasulullah saw berkata “berdiri dan shlatlah dua rakaat. Dan Nabi pun diam dari khutbah menunggu hingga orang tadi selesai shalat.       **//


30.
يصف الناس يوم القيامة صفوفا فيمر الرجل من أهل النار على الرجل فيقول يا فلان أما تذكر يوم استسقيت فسقيتك شربة قال فيشفع له ويمر الرجل فيقول أما تذكر يوم ناولتك طهورا فيشفع له ويمر الرجل فيقول يافلان أما تذكر يوم بعثتني في حاجة كذا وكذا فذهبت لك فيشفع له (ضعيف)

Pada hari kiamat nanti, semua manusia berdiri berbaris. Lalu lewatlah seorang dari ahli neraka seraya berkata kepada seseorang, “Wahai fulan ! Ingatkah ketika engkau meminta air minum, lalu aku memberimu minuman ? ” Maka ia diberi syafaat. Kemudian ia berkata kepada yang lain, “Wahai fulan! Ingatkah engkau ketika aku memberi air suci untuk berwudhu?” Maka ia diberi syafaat. Kemudian ia berkata pada yang lain lagi, “Wahai fulan! Ingatkah engkau ketika menyuruhku mengerjakan ini dan itu, kemudian aku mendatangimu memenuhi permintaanmu ? ” Maka ia diberi syafaat [dhaif]


31.
لا تجعلوا آخر طعامكم ماءً   (لا أصل له . "الضعيفة")

Janganlah kamu akhiri makanmu dengan air [tidak diketahui ashalnya]



32.
عرى الإسلام وقواعد الدين ثلاثة عليهن أسس الإسلام من ترك واحدة منهن فهو بها كافر حلال الدم شهادة أن لاإله إلا الله والصلاة المكتوبة وصوم رمضان . ( ضعيف) 

Tali penguat Islam dan tiang-tiang agama ada tiga. Di atasnya berdirilah asas Islam. Barangsiapa meninggalkan salah satunya, ia menjadi kafir dan halal darahnya. Yaitu: syahadat laa ilaaha illallah, shalat fardhu dan puasa Ramadhan [dhaif]


33.
الناس نيام فإذا ماتوا انتبهوا (لا أصل له) 

Manusia itu dalam keadaan tertidur, bila mereka mati maka berubahlah mereka (sadar) [tidak ada asalnya]


34.
الناس كلهم موتى إلا العالمون، والعالمون كلهم هلكى إلا العاملون والعاملون كلهم غرقى إلا المخلصون والمخلصون على خطر عظيم  (قال الصغاني : هذا الحديث مفترى ملحون والصواب في الإعراب: العالمين والعالمين ."الموضوعات"  . وأورده الشوكاني في "الفوائد المجموعة"  . والفتني في "تذكرة الموضوعات)

Manusia itu semuanya dalam keadaan mati, kecuali para alim. Para  Alim semuanya rusak, kecuali Para pengamal. Para Pengamal semuanya keras hatinya, kecuali orang2 ikhlash. Orang2 ikhlash itulah yang mendapatkan derajat yang agung yang sulit digapai


35.
من لم يكن عنده صدقة فليلعن اليهود (موضوع) 
Barangsiapa tidak memiliki sesuatu untuk sedekah, hendaknya melaknat orang Yahudi [palsu]


36.
رجعنا من الجهاد الأصغر إلى الأكبر (لا أصل له. "الأسرار المرفوعة" . "تذكرة الموضوعات" للفتني)

Marilah kita kembali dari peperangan kecil menuju ke peperangan besar [tidak diketahui ashalnya]


37.
من لم تنهه صلاته عن الفحشاء والمنكر، لم يزدد من الله إلا بعداً   . وفي لفظ:   من لم تنهه صلاته عن الفحشاء والمنكر ، فلا صلاة له (قال الذهبي : قال ابن الجنيد: كذب وزور. قال الحافظ العراقي: حديث إسناده لين، قال الألباني : باطل لا يصح من قبل إسناده ولا من جهة متنه. "ميزان الاعتدال"  . "نخريج الإحياء"  . "السلسلة الضعيفة")

Barangsiapa yang shlatnya tak bisa mencegah kejelekan dan kemunkaran, maka tak akan bertambah baginya kecuali semakin jauh dari Allah swt . atau dengan lafadh lain : barangsiapa yang shlatnya tak bisa mencegah kejelekan dan kemunkaran, maka orang itu dinaggap tidak melakukan shalat.


38.
إذا مات الرجل منكم فدفنتموه فليقم أحدكم عند رأسه. فليقل: يا فلان بن فلانة! فإنه سيسمع ، فليقل : يا فلان بن فلانة! فإنه سيستوي قاعداً .... اذكر ما خرجت عليه من دار الدنيا: شهادة أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ... الخ .( ضعيف . "تخريج الإحياء". "زاد المعاد" لابن القيم (. "الضعيفة")
 Apabila anda menguburkan orang mati kemudian berdiri di sisi kepalanya sambil berkata ‘ya fulan bin fulanah’, maka si mayit itu mendengar. Atau mengatakan mengatakan ‘ya fulan bin fulanah’ sesungguhnya si mayyit dalam keadaan duduk…….sebutlah apa2 yang keluar padanya dari alam dunia : syahdat…….dst    [dlaif]


39.
إن للقلوب صدأ كصدأ الحديد وجلاؤها الاستغفار (موضوع."ذخيرة الحفاظ"  . "الضعيفة")

Sesunnguhnya setiap hati punya karat (kotoran) seperti karat dari besi. Dan cara membersihkannya dengan istighfar [palsu]


40.
كان إبليس أول من ناح وأول من تغنى ( لاأصل له)

Adalah iblis (makhluk) yang pertama menangis dan yang pertama pula menyanyi



41.
أبغض الحلال إلى الله الطلاق (ضعيف)
Perkara halal yang dibenci Allah adalah thalaq ( perceraian)   [dlaif]


42.
إن الجراد نثرة حوت في البحر (موضوع)  

Sesungguhnya belalang adalah penyebar ikan paus di laut [palsu]


43.

من ربى صبيا حتى يقول لاإله إلا الله لم يحاسبه الله عز وجل (لا أصل له)   

Barangsiapa memelihara seorang anak hingga ia dapat mengucapkan laa ilaaha illallah, maka Allah tidak akan menghisabnya [tidak ada asalnya]


44.
ركعتان بعمامة خير من سبعين ركعة بلا عمامة (موضوع) 

Dua rakaat dengan memakai sorban lebih baik dari tujuh puluh rakaat tanpa memakai sorban [palsu]


45.
الصلاة في العمامة تعدل بعشرة آلاف حسنة ( موضوع  -انظر الشرح لموضوع العمامة المستعارة وقت الصلاة وفوائد كثيرة في الكتاب)

Shalat dengan memakai sorban sederajat dengan sepuluh ribu kebaikan. [palsu]. – lihat penjelasan mengenai masalah penggunaan sorban saat shalat, dan faidah lainnya yang banyak di kitab lengkapnya.


46.
إن الله تعالي لايعذب حسان الوجوه سود الحدق ( موضوع)   

Sesungguhnya Allah tidak akan mengazab orang-orang yang berparas bagus dan bermata hitam [palsu]

47.
عليكم بالوجوه الملاح والحدق السود فإن الله يستحي أن يعذب وجها مليحا في النار ( موضوع) 

Pilihlah orang-orang yang bermuka manis dan bermata hitam, karena sesungguhnya Allah merasa malu mengazab orang yang berwajah indah dengan siksa neraka [palsu]


48.
النظر إلى الوجه الحسن يجلو البصر والنظر إلى الوجه القبيح يورث الكلح (موضوع)   

Memandang wajah yang tampan atau cantik dapat menjernihkan mata, sedangkan memandang wajah yang jelek mengakibatkan wajah masam dan cemberut [palsu]


49.
ثلاثة يزدن في قوة البصر النظر إلى الخضرة وإلى الماء الجاري وإلى الوجه الحسن (موضوع) 

Tiga hal yang dapat menguatkan penglihatan: memandang hijau-hijauan, air yang mengalir dan paras yang cantik [palsu]


50.
حب الدنيا رأس كل خطيئة  (موضوع ."أحاديث القصاص" لابن تيمية. "الأسرار المرفوعة" . "تذكرة الموضوعات")

Cinta dunia adalah pangkal kesalahan


51.
طلب الحلال جهاد، وإن الله يحب المؤمن المحترف  (ضعيف ."النخبة البهية" للسنباوي. "الكشف الإلهي". "الضعيفة")

Mencari kehalalan termsuk jihad. Sesungguhnya Allah swt mencintai para Mukmin Ahli


52.
لكل شيء عروس وعروس القرآن الرحمن  (منكر. "الضعيفة")

Setiap sesuatu ada jodohnya. Jodoh Al Quran adalah Surat Ar Rahman [ munkar]


53.
عليكم بالشفائين: العسل والقرآن (ضعيف. "أحاديث معلَّة ظاهرها الصحة" للوادعي . "الضعيفة")

Hendaknya kalian mengambil dua obat, madu dan Al Quran [dlaif]


54.
البر لا يبلى والإثم لا ينسى والديان لا ينام فكن كما شئت كما تدين تدان  (ضعيف. "الكشف الإلهي" للطرابلسي. "اللؤلؤ المرصوع" للمشيشي )

Kebenaran tidak akan hilang, dan kejahatan tidak akan dilupakan, dan agama-agama tidak akan tidur. Silakan kau berbuat, yang pasti anda akan menanggung resiko (seperti orang berhutang yang akan ditagih janji)


55.
لمعالجة ملك الموت أشد من ألف ضربة بالسيف (ضعيف جداً. "ترتيب الموضوعات" للذهبي. "الموضوعات" لابن الجوزي)

Pada setiap ajal ada Malaikat maut yang lebih keras daripada seribu pukulan pedang [dlaif]


51.
إذا سمعتم بجبل زال عن مكانه فصدقوا وإذا سمعتم برجل تغيرعن خلقه فلاتصدقوا به وإنه يصير إلى ما جبل عليه ( ضعيف)

Bila kalian mendengar berita bahwa sebuah gunung telah berpindah dari tempatnya, maka percayailah berita itu, dan bila kalian mendengar ada seseorang telah berubah akhlak nya, maka janganlah kalian percayai, karena sesungguhnya ia akan berjalan sesuai dengan nalurinya. [palsu]


52.
إياكم والزنا فإن فيه ست خصال ثلاثا في الدنيا وثلاثا في الآخرة فأما اللواتي في الدنيا فإنه يذهب بالبهاء ويورث الفقر وينقص الرزق وأما اللواتي في الآخرة فإنه يورث سخط الرب وسوء الحساب والخلود في النار (موضوع)

Jauhilah olehmu perzinaan, karena sesungguhnya dalam perzinaan itu ada enam masalah, tiga di dunia dan tiga di akhirat. Ketiga hal di dunia adalah : menghilangkan keelokan wajah, mengakibatkan kefakiran, dan mengurangi rejeki. Adapun tiga hal di akhirat adalah: mengakibatkan kemurkaan Allah, memburukkan hisab, dan mengakibatkan kekal di neraka [palsu]


53.
أكذب الناس الصباغون والصواغون (موضوع) 

Manusia paling pendusta adalah tukang celup dan tukang mas [palsu]


54.
كان لايعود مريضا إلا بعد ثلاث (موضوع)   

Adalah Rasulullah tidak menjenguk orang sakit kecuali setelah tiga hari. [palsu]


55.
لايعاد المريض إلا بعد ثلاث (موضوع) 

Orang sakit tidak dijenguk kecuali setelah tiga hari. [palsu]


56.
تزوجوا ولا تطلقوا، فإن الطلاق يهتز له العرش (موضوع . "ترتيب الموضوعات". "الموضوعات" للصغاني. "تنزيه الشريعة")

Nikahlah dan janganlah kalian bercerai, sebab perceraian mengguncangkan arsy.


57.
ثلاث لايعاد صاحبهن الرمد وصاحب الضرس وصاحب الدملة (موضوع)  

Ada tiga macam orang sakit yang tidak usah ditengok, orang yang sakit mata, sakit gigi dan sakit bisul. [palsu]


58.
تخرج الدابة، ومعها عصى موسى عليه السلام، وخاتم سليمان عليه السلام ..فيقول هذا: يا مؤمن ، ويقول هذا : يا كافر   ( منكر. "الضعيفة")
Akan keluar binatang dabbah. Besertanya akan muncul tongkat Musa as dan cincin Sulaiyman as. Kemudian akan ngasih tanda : “ini mukmin” dan “ini kafir” [munkar]


59.
العنكبوت شيطان مسخه الله فاقتلوه (موضوع)  

Laba-laba adalah setan yang telah diubah oleh Allah, maka bunuh lah! [palsu]


60.
إن الله عز وجل وملائكته يصلون على أصحاب العمائم يوم الجمعة (موضوع) 

Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang mengenakan sorban pada hari jum’at. [palsu]


61.
أحبوا العرب لثلاث لأني عربي والقرآن عربي وكلام أهل الجنة عربي ( موضوع)    

Cintailah bangsa Arab karena tiga hal, karena aku orang Arab, karena Al-Quran berbahasa Arab, dan karena bahasa penghuni surga adalah bahasa Arab. [palsu]


62.
أنا عربي والقرآن عربي ولسان أهل الجنة عربي  ("تذكرة الموضوعات"  . "المقاصد الحسنة" . "تنزيه الشريعة")

Aku orang Arab, Al-Qur’an berbahasa Arab, dan bahasa ahli surga adalah bahasa Arab [palsu]


63.
إذا ذلت العرب ذل الإسلام (موضوع)  

Bila bangsa Arab menjadi hina, hina pula lah Islam  [palsu]


64.
البطيخ قبل الطعام يغسل البطن غسلا ويذهب بالداء أصلا (موضوع) 

Semangka yang dimakan sebelum makan, akan mencuci perut dan menghilangkan penyakit  [palsu]


65.
إن لكل شيئا قلبا وإن قلب القرآن ( يس ) من قرأها فكأنما قرأ القرآن عشر مرات (موضوع) 

Sesungguhnya segala sesuatu mempunyai jantung, sedangkan jantung nya Al-Qur’an adalah surat Yasin. Barangsiapa membacanya, seperti ia membaca Al-Qur’an sepuluh kali. [palsu]


66.
إن آدم ( ص ) لما أهبطه الله تعالى إلى الأرض قالت الملائكة أي رب { أتجعل فيها من يفسد فيها ويسفك الدماء ونحن نسبح بحمدك ونقدس لك قال إني أعلم ما لا تعلمون } قالوا ربنا نحن أطوع لك من بني آدم قال الله تعالى للملائكة هلموا ملكين من الملائكة حتى يهبط بهما الأرض فننظر كيف يعملان قالوا ربنا هاروت وماروت فأهبطا إلى الأرض ومثلت لهما الزهرة امرأة من أحسن البشر فجاءتهما فسألاها نفسها فقالت لاوالله حتى تكلما بهذه الكلمة من الإشراك فقالا والله لانشرك بالله فذهبت عنهما ثم رجعت بصبي تحمله فسألاها نفسها قالت لا والله حتى تقتلا هذا الصبي فقالا والله لانقتله أبدا فذهبت ثم رجعت بقدح خمر فسألاها نفسها قالت لا والله حتى تشربا هذا الخمر فشربا فسكرا فوقعا عليها وقتلا الصبي فلما أفاقا قالت المرأة والله ما تركتما شيئأ مما أبيتما علي إلا قد فعلتما حين سكرتما فخيرا بين عذاب الدنيا والآخرة فاختارا عذاب الدنيا (باطل)

Sesungguhnya ketika Allah menurunkan nabi Adam ke muka bumi, para malaikat berkata kepada Allah, “Wahai Tuhan kami! akan kah Engkau jadikan manusia itu sebagai khalifah di muka bumi, yang hanya akan membuat kerusakan dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji dan mensucikan engkau? Allah berfirman, “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang kamu tidak ketahui.” Mereka kembali berkata, “Ya Tuhan kami! kami lah yang lebih mentaatimu daripada anak cucu Adam.” Maka Allah berfirman kepada para malaikat, “Kemarilah dua malaikat dari kalian, akan Aku tunjukkan bagaimana kah keduanya nanti berlaku di muka bumi.” Mereka berkata, ‘Ya Tuhan kami, Harut dan Marut’, maka kedua malaikat itu pun ke bumi.

Kemudian Allah swt menguji keduanya dengan bunga yang dijadikan seorang wanita yang cantik jelita. wanita itu kemudian mendatangi mereka dan mereka mengajaknya berzina. Wanita itu menjawab, “Tidak! Demi Allah, kecuali jika kalian mengucapkan kata-kata syirik.” Kedua malaikat menolak dengan ucapan , “Demi Allah, kami tidak akan berbuat syirik.”

 Wanita itu berlalu dari keduanya, kemudian kembali lagi dengan membawa seorang bocah. Kembali wanita tersebut diajak berzina, namun dia menjawab, “Aku tidak mau, kecuali bila kalian membunuh bocah ini.” Kedua malaikat itu menjawab, ‘Tidak! sekali-kali tidak akan kami lakukan hal itu.’

Untuk ketiga kalinya, wanita tersebut pergi dan kembali lagi menemui kedua malaikat itu seraya membawa khamer (arak), dan malaikat itu kembali membujuknya, tetapi wanita jelita tadi menjawab, “Tidak mau, kecuali bila kalian meminum khamer ini.’

Maka keduanya pun meminumnya hingga mabuk. Dalam keadaan mabuk, kedua malaikat tadi menzinai wanita itu dan membunuh bocah itu. Wanita itu berkata kepada keduanya, “Demi Allah! Kalian berdua telah melakukan segala pantangan kalian ketika kalian dalam keadaan mabuk.” Kemudian kedua malaikat tadi dipersilakan memilih antara disiksa di dunia atau disiksa di akhirat. Kedua malaikat itu pun akhirnya memilih disiksa di dunia. [batil]


67.
من ولد له مولود فسماه محمدا تبركا به كان هو ومولوده في الجنة (موضوع) 

Barangsiapa dikaruniai seorang anak, kemudian dinamakan Muhammad sebagai harapan berkah kepadanya, maka dia dan anaknya masuk surga. [palsu]


68.
لاتسقوني حلب امرأة (منكر) 

Jangan kau beri aku minum dari air susu perempuan [munkar]


69.
الدعاء سلاح المؤمن وعماد الدين ونور السماوات والأرض (موضوع)  

Doa adalah senjata orang mukmin, tiang nya agama dan cahaya langit dan bumi [palsu]


70.
إن الرزق لا تنقصه المعصية ولاتزيده الحسنة وترك الدعاء معصية (موضوع)

Sesungguhnya rejeki itu tidak dapat terkurangi karena suatu kemaksiatan dan tidak pula bertambah karena suatu kebaikan. Dan meninggalkan doa adalah maksiat [palsu]


71.
لا صلاة لجار المسجد إلا في المسجد    (ضعيف. "ضعاف الدارقطني" ."اللآلئ المصنوعة"  "العلل المتناهية" )

Tidak sah shalat bagi tetangga mesjid kecuali di mesjid [dhaif]


72.
إن الله تعالى ينزل في كل يوم مائة رحمة ستين منها على الطائفين بالبيت وعشرين على أهل مكة وعشرين على سائر الناس (ضعيف)

Sesungguhnya Allah swt menurunkan setiap harinya seratus rahmat. Enam puluh bagi orang-orang yang thawaf mengelilingi Ka’bah, dua puluh bagi penduduk Makah, dan yang dua puluh bagi seluruh umat manusia [dhaif]


73.
الجمعة حج الفقراء وفي لفظ المساكين (موضوع)

Shalat Jum’at itu haji nya kaum fakir. Dalam riwayat lain: haji nya kaum miskin  [palsu]


74.
الخير فيَّ وفي أمتي إلى يوم القيامة  (قال ابن حجر : لا أعرفه . "المقاصد الحسنة" للسخاوي . وهو في "تذكرة الموضوعات" للفتني. وفي "الأسرار المرفوعة في الأخبار الموضوعة" للقاري)
Kebaikan selalu untukku dan umatku hingga hari qiamat [tidak diketahui]


75.
من نام بعد العصر ، فاختُلس عقله، فلا يلومنَّ إلا نفسه  (أورده ابن الجوزي في "الموضوعات". والسيوطي في "اللآلئ المصنوعة". والذهبي في "ترتيب الموضوعات")
Barangsiapa yang tidur sesudah ashr, maka nakalnya jadi hilang.


75.
من حج البيت ولم يزرني . فقد جفاني (موضوع. قاله الذهبي في "ترتيب الموضوعات" . والصغاني في "الموضوعات". والشوكاني في "الفوائد المجموعة" )

Barangsiapa yang berangkat hajji dan tidak menziarahiku, maka sangat antipati (tidak menghargai) padaku


76.
من حج، فزار قبري بعد موتي، كان كمن زارني في حياتي  (قال ابن تيمية: ضعيف . "قاعدة جليلة". قال الألباني: موضوع. "الضعيفة". وانظر "ذخيرة الحفاظ" لابن القيسراني)

Barangsiapa yang berhajji lalu berziarah ke kuburanku setelah sepeninggalku maka nilainya seperti mengunjungiku di saat masih hidup  [dlaif]


77.
التائب حبيبُ الله    (لا أصل له . "الأحاديث التي لا أصل لها في الإحياء" للسبكي. "الضعيفة")

Orang bertaubat adalah kecintaan Allah [dlaif]


78.
إن لكل شيء قلباً، وإن قلب القرآن (يس) من قرأها، فكأنما قرأ القرآن عشر مرات  (موضوع . "العلل" لابن أبي حاتم ."الضعيفة")

Sesungguhnya setiap sesuatun punya jantung. Dan Jantung Al Quran adalah Surat Yaa siin. Barangsiapa yang membacanya, maka seakan membaca Al Quran sepuluh kali  [palsu]


79.
فكرة ساعة خير من عبادة ستين سنة (موضوع . "تنزيه الشريعة". "الفوائد المجموعة" . "ترتيب الموضوعات")

Berfikir sesaat lebih baik daripada ibadah 60 tahun


80.
إذا جامع أحدكم فلا ينظر إلى الفرج فإنه يورث العمى ولا يكثر الكلام فإنه يورث الخرس (موضوع)

Apabila salah seorang dari kalian bersetubuh, maka janganlah melihat kemaluan, karena itu dapat menyebabkan kebutaan. Dan jangan pula banyak bicara karena dapat menyebabkan kebisuan [palsu]


81.
لاتكثروا الكلام عند مجامعة النساء فإن منه يكون الخرس والفأفأة (ضعيف جدا)

Janganlah banyak bicara ketika sedang menyetubuhi istri, karena darinya dapat menyebabkan kebisuan dan gagu [dhaif sekali]


82.
من أصيب بمصيبة في ماله أوجسده وكتمها ولم يشكها إلى الناس كان حقا على الله أن يغفر له (موضوع)

Barangsiapa tertimpa musibah harta ataupun badannya, kemudian ia merahasiakan dan tidak diadukan kepada manusia, maka wajib bagi Allah untuk mengampuninya [palsu]


83.
حلت شفاعتي لأمتي إلا صاحب بدعة (منكر)

Syafaatku bagi seluruh umatku, kecuali terhadap pelaku bid’ah [munkar]


84.
من لم يصل علي فلا دين له (ضعيف)

Barangsiapa tidak bershalawat kepadaku, maka ia tidak punya agama [dhaif]



85.
إنا لنكشر في وجوه أقوام وإن قلوبنا لتلعنهم (لا أصل له)

Sesungguhnya kita berwajah ceria terhadap suatu kaum, tetapi hati kita mengutuk mereka [tidak ada asalnya]


86.
الزرقة في العين يمن وكان داود أزرق (موضوع)

Biru bola mata merupakan keberkahan, dan nabi Daud biru bola matanya  [palsu]


87.
  لعن رسول الله صلى الله عليه وسلم زائرات القبور والمتخذين عليها المساجد والسرج. ( ضعبف بهذا السياق والتمام ) 

Rasulullah saw melaknat wanita-wanita peziarah kubur dan orang-orang yang menjadikan kuburan sebagai masjid dan meneranginya dengan lampu-lampu [dhaif dengan matan seperti ini]


88.
تختموا بالعقيق فإنه مبارك (موضوع)

Pakailah cincin dengan batu akik karena batu akik itu diberkati [palsu]


89.
تختموا بالعقيق فإنه ينفي الفقر (موضوع)

Gunakanlah cincin akik karena sesungguhnya cincin akik itu dapat menolak kefakiran [palsu]


90.
تختموا بالخواتم العقيق فإنه لايصيب أحدكم غم ما دام عليه (موضوع)

Pakailah cincin akik, karena seseorang tidak akan ditimpa kesedihan selama ia memakainya [palsu]


91.
أكثر خرز الجنة العقيق (موضوع)

Kebanyakan perhiasan kalung di surga nanti terbuat dari batu akik. [palsu]


92.
ما أسر عبد سريرة إلا ألبسه الله رداءها إن خيرا فخير وإن شرا فشر (ضعيف جدا)

Tidaklah seorang hamba menyembunyikan niat kecuali pasti Allah akan mengenakannya padanya. Bila baik, maka baik pula dan bila buruk maka buruk pula. [dhaif sekali]


93.
كان إذا تغدى لم يتعش وإذا تعشى لم يتغد (ضعيف)

Adalah Rasulullah saw bila telah makan siang, maka tidak makan malam dan apabila telah makan malam, maka tidak lagi makan siang. [dhaif]


94.
صوموا تصحوا (ضعيف . "تخريج الإحياء)

Berpuasalah kalian, niscaya kalian sehat. [dhaif]


95.
إن من السنة أن يخرج الرجل مع ضيفه إلى باب الدار (موضوع)

Termasuk amalan sunnah ialah seseorang mengantar tamunya pulang hingga ke pintu rumah. [palsu]


96.
  لاتتمارضوا فتمرضوا ولاتحفروا قبوركم فتموتوا (منكر)

Janganlah kalian berpura-pura sakit, nanti kalian akan benar-benar sakit. Janganlah kalian menggali liang kubur kalian, niscaya kalian akan mati. [munkar]


97.
أحسنوا إلى عمتكم النخلة فإن الله تعالى خلق آدم ففضل من طينتها فخلق منها النخلة (موضوع)

Bersikap baiklah kepada pohon kurma, karena sesungguhnya Allah swt telah menciptakan Adam dari tanah, kemudian dari sisa tanah tersebut Ia menciptakan pohon kurma. [palsu]


98.
خلقت النخلة والرمان والعنب من فضل طينة آدم ( ص ) (ضعيف جدا)

Pohon kurma, delima dan anggur telah diciptakan Allah swt dari sisa tanah untuk menciptakan Adam. [dhaif sekali]


99.
لا يخرف قاريء القرآن (موضوع)

Para Qari (pembaca) al-Quran  tidak akan pikun. [palsu]


100.
أوصاني جبرائيل عليه السلام بالجار إلى أربعين داراً. عشرة من ها هنا، وعشرة من ها هنا ، وعشرة من ها هنا ، وعشرة من ها هنا (ضعيف . "كشف الخفاء". "تخريج الإحياء" . "المقاصد الحسنة" للسخاوي)

Jibril telah berpesan kepadaku agar berlaku baik kepada tetangga hingga empat puluh rumah, sepuluh rumah dari arah kanan, kiri, depan dan belakang. [dhaif]


101.
ألا إن أربعين دارا جوار ولايدخل الجنةمن خاف جاره بوائقه قيل للزهري أربعين دارا قال أربعين هكذا وأربعين هكذا (ضعيف)

Ketahuilah bahwa empat puluh rumah adalah tetangga, barangsiapa menjadikan tetangga takut karena gangguannya, maka ia tidak akan masuk surga. Ditanyakan kepada az-Zuhri, ’empat puluh rumah?’ Ia menjawab, ’empat puluh rumah ke kanan dan empat puluh rumah ke kiri.’ [palsu]


102.
حق الجوار إلى أربعين دارا وهكذا وهكذا وهكذا يمينا وشمالا وقدام وخلف (ضعيف جدا)

Hak tetangga adalah sampai empat puluh rumah, begini dan begitu, ke kanan, ke kiri, ke depan dan ke belakang. [dhaif sekali]


103.
الساكن من أربعين دارا جار (ضعيف)

Penduduk hingga empat puluh rumah adalah tetangga. [dhaif]


104.
لولاك ما خلقت الأفلاك ( موضوع)

Kalau bukan karena engkau, pastilah Aku tidak akan menciptakan planet-planet ini. [palsu]


105.
وكل بالشمس تسعة أملاك يرمونها بالثلج كل يوم لولا ذلك ماأتت على شيء إلا أحرقته (موضوع)

Pada matahari ditugaskan sembilan malaikat yang setiap hari melemparkan salju, kalau bukan karena itu, maka tidak akan ada sesuatu pun yang disinari matahari kecuali pasti terbakar. [palsu]


106.
الأرض على الماء والماء على صخرة والصخرة على ظهر حوت يلتقي حرفاه بالعرش والحوت على كاهل ملك قدماه في الهواء (موضوع)

Bumi itu berada di atas air, dan air di atas batu besar, dan batu besar di atas punggung ikan yang puncaknya bertemu dengan arsy. Dan ikan berada di atas punggung malaikat, kedua kakinya berada di udara. [palsu]


 107
أهل بيتي كالنجوم بأيهم اقتديتم اهتديتم (موضوع)

Ahli baitku bagaikan bintang-bintang, dari mana saja kalian minta bimbingan, kalian akan mendapat petunjuk. [palsu]


108.
من خاف الله خوف الله منه كل شيء ، ومن لم يخف الله خوفه الله من كل شيء (ضعيف . "تخريج الإحياء" للعراقي  . "تذكرة الموضوعات"  . "الضعيفة") 
Barangsiapa yang takut kepada Allah swt, maka Allah akan membuat sesuatu takut pada orang itu. Dan barangsiapa yang tidak takut kepada Allah swt, maka Allah akan membuat orang itu jadi penakut.


109.
عجلوا بالصلاة قبل الفوت وعجلوا بالتوبة قبل الموت موضوع ومعناه صحيح أورده الصنعاني في الأحاديث الموضوعة (موضوع)

Segerakanlah shalat sebelum terlambat dan segerakanlah taubat sebelum wafat. [palsu, tetapi maknanya shahih. As-Shan’ani meriwayatkannya juga dalam deretan hadits-hadits maudhu]


110.
الصبر نصف الإيمان واليقين الإيمان كله (منكر)

Sabar itu adalah setengah iman, sedangkan keyakinan adalah keseluruhan iman


111.
ركعتان بعمامة خير من سبعين ركعة بلا عمامة (موضوع)

Dua rakaat dengan memakai sorban lebih baik dari tujuh puluh rakaat tanpa memakai sorban [palsu]


112.
الصلاة في العمامة تعدل بعشرة آلاف حسنة ( موضوع - انظر الشرح لموضوع العمامة المستعارة وقت الصلاة وفوائد كثيرة في الكتاب)   

Shalat dengan memakai sorban sederajat dengan sepuluh ribu kebaikan. [palsu]. – lihat penjelasan mengenai masalah penggunaan sorban saat shalat, dan faidah lainnya yang banyak di kitab lengkapnya


113.
إن الله تعالي لايعذب حسان الوجوه سود الحدق ( موضوع )

Sesungguhnya Allah tidak akan mengazab orang-orang yang berparas bagus dan bermata hitam [palsu]


 114.
عليكم بالوجوه الملاح والحدق السود فإن الله يستحي أن يعذب وجها مليحا في النار ( موضوع)

Pilihlah orang-orang yang bermuka manis dan bermata hitam, karena sesungguhnya Allah merasa malu mengazab orang yang berwajah indah dengan siksa neraka [palsu]


 115.
النظر إلى الوجه الحسن يجلو البصر والنظر إلى الوجه القبيح يورث الكلح (موضوع)

Memandang wajah yang tampan atau cantik dapat menjernihkan mata, sedangkan memandang wajah yang jelek mengakibatkan wajah masam dan cemberut [palsu]


 116.
ثلاثة يزدن في قوة البصر النظر إلى الخضرة وإلى الماء الجاري وإلى الوجه الحسن (موضوع)

Tiga hal yang dapat menguatkan penglihatan: memandang hijau-hijauan, air yang mengalir dan paras yang cantik [palsu]


 117.
إذا سمعتم بجبل زال عن مكانه فصدقوا وإذا سمعتم برجل تغير عن خلقه فلاتصدقوا به وإنه يصير إلى ما جبل عليه ( ضعيف )

Bila kalian mendengar berita bahwa sebuah gunung telah berpindah dari tempatnya, maka percayailah berita itu, dan bila kalian mendengar ada seseorang telah berubah akhlak nya, maka janganlah kalian percayai, karena sesungguhnya ia akan berjalan sesuai dengan nalurinya [palsu]


118.
إياكم والزنا فإن فيه ست خصال ثلاثا في الدنيا وثلاثا في الآخرة فأما اللواتي في الدنيا فإنه يذهب بالبهاء ويورث الفقر وينقص الرزق وأما اللواتي في الآخرة فإنه يورث سخط الرب وسوء الحساب والخلود في النار (موضوع)

Jauhilah olehmu perzinaan, karena sesungguhnya dalam perzinaan itu ada enam masalah, tiga di dunia dan tiga di akhirat. Ketiga hal di dunia adalah : menghilangkan keelokan wajah, mengakibatkan kefakiran, dan mengurangi rejeki. Adapun tiga hal di akhirat adalah: mengakibatkan kemurkaan Allah, memburukkan hisab, dan mengakibatkan kekal di neraka [palsu]


119.
أكذب الناس الصباغون والصواغون (موضوع)

Manusia paling pendusta adalah tukang celup dan tukang mas [palsu]


120.
كان لايعود مريضا إلا بعد ثلاث (موضوع)

Adalah Rasulullah tidak menjenguk orang sakit kecuali setelah tiga hari [palsu]


121.
لايعاد المريض إلا بعد ثلاث (موضوع)

Orang sakit tidak dijenguk kecuali setelah tiga hari [palsu]


122.
ثلاث لايعاد صاحبهن الرمد وصاحب الضرس وصاحب الدملة (موضوع)

Ada tiga macam orang sakit yang tidak usah ditengok, orang yang sakit mata, sakit gigi dan sakit bisul [palsu]


123.
العنكبوت شيطان مسخه الله فاقتلوه (موضوع) 

Laba-laba adalah setan yang telah diubah oleh Allah, maka bunuh lah! [palsu]


124.
 صنفان من أمتي إذا صلحا، صلح الناس: الأمراء والفقهاء)). وفي لفظ ((صنفان من أمتي إذا صلحا، صلح الناس: الأمراء والعلماء)). قال الإمام أحمد : في أحد رواته كذاب يضع الحديث ، قال ابن معين والدارقطني مثله، قال الألباني: موضوع. "تخريج الإحياء" ."الضعيفة")

Dua bagian dari umatku yang apabila baik, maka baiklah manusia, yaitu Pemerintah dan Ahli Fiqh


125.
توسلوا بجاهي ، فإن جاهي عند الله عظيم ( قال ابن تيمية والألباني : لا أصل له."اقتضاء الصراط المستقيم" لابن تيمية ."الضعيفة" )

Bertawasullah (buatlah perantara) dengan wajahku, karena wajahku di sisi Allah sangat agung


126.
من قرأ سورة الواقعة في كل ليلة لم تصبه فاقة أبداً (ضعيف. "العلل المتناهية". "تنزيه الشريعة". "الفوائد المجموعة")

Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka tidak akan ditimpa kekurangan selamanya


127.
من أصبح وهمه غير الله عز وجل ، فليس من الله في شيء ومن لم يهتم للمسلمين فليس منهم (موضوع . "الفوائد المجموعة". "تذكرة الموضوعات". "الضعيفة")
Barangsiapa yang menjadikan tujuan hidupnya (citanya) selain Allah swt, maka ia tak akan mendapatkan apapun dari Allah. Dan barangsiapa yang tak peduli sesama muslim, maka ia bukan bagian dari Kaum Muslimin.


128.
إذا ذلت العرب ذل الإسلام (موضوع)

Bila bangsa Arab menjadi hina, hina pula lah Islam [palsu]


129.
البطيخ قبل الطعام يغسل البطن غسلا ويذهب بالداء أصلا (موضوع)

Semangka yang dimakan sebelum makan, akan mencuci perut dan menghilangkan penyakit [palsu]


130.
إن لكل شيئا قلبا وإن قلب القرآن ( يس ) من قرأها فكأنما قرأ القرآن عشر مرات (موضوع)

Sesungguhnya segala sesuatu mempunyai jantung, sedangkan jantung  Al-Qur’an adalah surat Yasin. Barangsiapa membacanya, seperti ia membaca Al-Qur’an sepuluh kali [palsu]


131.
من ولد له مولود فسماه محمدا تبركا به كان هو ومولوده في الجنة (موضوع)

Barangsiapa dikaruniai seorang anak, kemudian dinamakan Muhammad sebagai harapan berkah kepadanya, maka dia dan anaknya masuk surga [palsu]


132.
لاتسقوني حلب امرأة (منكر)

Jangan kau beri aku minum dari air susu perempuan.


133.
النظر في المصحف عبادةٌ، ونظر الولد إلى الوالدين عبادةٌ، والنظر إلى علي بن أبي طالب عبادةٌ (موضوع . ""الضعيفة") 

Melihat mushaf termasuk ibadah. Seorang anak melihat orang tuanya juga ibadah. Dan melihat Ali bin Abi Thalib juga ibadah [palsu]


134
السلطان ظل الله في أرضه، من نصحه هدي ، ومن غشه ضل  )موضوع . "تذكرة الموضوعات" للفتني  . "الفوائد المجموعة" للشوكاني . "الضعيفة")
Penguasa selalu berada di negerinya. Barangsiapa menasehatinya maka ia mendaptkan hidayah. Dan barangsiapa yang membencinya maka ia akan sesat


135.
قال الله تبارك وتعالى : من لم يرض بقضائي ويصبر على بلائي، فليتمس رباً سوائي (ضعيف . "الكشف الإلهي" للطرابلسي. "تذكرة الموضوعات". "الفوائد المجموعة")
Barangsiapa yang tidak ridla dengan qadlaKu dan tidak bersabar dalam menerima bala’ dariKu, maka diperslakan cari Tuhan selain Aku [dlaif]


136.
ليس لفاسق غيبة (موضوع . "الأسرار المرفوعة" للهروي. "المنار المنيف" لابن القيم. "الكشف الإلهي")

 Tidak ada ghibah bagi orang fasiq


 137.
لاتكثروا الكلام عند مجامعة النساء فإن منه يكون الخرس والفأفأة (ضعيف جدا)

Janganlah banyak bicara ketika sedang menyetubuhi istri, karena darinya dapat menyebabkan kebisuan dan gagu. [dhaif sekali]


138.
من أصيب بمصيبة في ماله أوجسده وكتمها ولم يشكها إلى الناس كان حقا على الله أن يغفر له (موضوع)

Barangsiapa tertimpa musibah harta ataupun badannya, kemudian ia merahasiakan dan tidak diadukan kepada manusia, maka wajib bagi Allah untuk mengampuninya [palsu]


139.
حلت شفاعتي لأمتي إلا صاحب بدعة (منكر)

Syafaatku bagi seluruh umatku, kecuali terhadap pelaku bid’ah [munkar]


 140.
من لم يصل علي فلا دين له (ضعيف)

Barangsiapa tidak bershalawat kepadaku, maka ia tidak punya agama [dhaif]


141.
  إنا لنكشر في وجوه أقوام وإن قلوبنا لتلعنهم (لا أصل له)

Sesungguhnya kita berwajah ceria terhadap suatu kaum, tetapi hati kita mengutuk mereka [tidak ada asalnya]


142.
الزرقة في العين يمن وكان داود أزرق (موضوع)

Biru bola mata merupakan keberkahan, dan nabi Daud biru bola matanya [palsu]


143.
تختموا بالعقيق فإنه ينفي الفقر (موضوع)

Gunakanlah cincin akik karena sesungguhnya cincin akik itu dapat menolak kefakiran [palsu]


144.
تختموا بالخواتم العقيق فإنه لايصيب أحدكم غم ما دام عليه (موضوع)

Pakailah cincin akik, karena seseorang tidak akan ditimpa kesedihan selama ia memakainya [palsu]


145.
أكثر خرز الجنة العقيق (موضوع)

Kebanyakan perhiasan kalung di surga nanti terbuat dari batu akik [palsu]


 146.
ما أسر عبد سريرة إلا ألبسه الله رداءها إن خيرا فخير وإن شرا فشر (ضعيف جدا)

Tidaklah seorang hamba menyembunyikan niat kecuali pasti Allah akan mengenakannya padanya. Bila baik, maka baik pula dan bila buruk maka buruk pula [dhaif sekali]


147.
كان إذا تغدى لم يتعش وإذا تعشى لم يتغد (ضعيف)

Adalah Rasulullah saw bila telah makan siang, maka tidak makan malam dan apabila telah makan malam, maka tidak lagi makan siang [dhaif]


148.
إن من السنة أن يخرج الرجل مع ضيفه إلى باب الدار (موضوع)

Termasuk amalan sunnah ialah seseorang mengantar tamunya pulang hingga ke pintu rumah. [palsu]


149.
لاتتمارضوا فتمرضوا ولاتحفروا قبوركم فتموتوا (منكر)

Janganlah kalian berpura-pura sakit, nanti kalian akan benar-benar sakit. Janganlah kalian menggali liang kubur kalian, niscaya kalian akan mati [munkar]


150.
لا تكثروا الكلام بغير ذكر الله، فإن كثرة الكلام بغير ذكر الله قسوة للقلب، وإن أبعد الناس من الله القلب القاسي  (ضعيف. "الضعيفة)

Janganlah memperbanyak perkataan kecuali dzikrullah. Karena berbicara tidak dengan dzikrullah akan mengeraskan hati. Dan orang yang paling jauh dari Allah adalah yang hatinya keras.


151.
إذا انتهى أحدكم إلى الصف وقد تم فليجبذ إليه رجلاً يقيمه إلى جنبه (ضعيف . "التلخيص الحبير" لابن حجر . "الضعيفة") 
Untuk menyempurnakan shaf (dalam shalat) yang sudah penuh makaorang akan membawa seseorang berdiri di sampingnya


152.
الأبدال في هذه الأمة ثلاثون. مثل إبراهيم خليل الرحمن عز وجل كلما مات رجل أبدل الله تبارك وتعالى مكانه رجلاً (موضوع . "الأسرار المرفوعة" لعلي القاري. "تمييز الطيب من الخبيث" لابن الديبع. "المنار المنيف" لابن القيم)

Wali Abdal itu ada 30 orang. Seperti Ibrahim Khalilullah. Apabila seseorang mati di antara mereka maka akan diganti orang lain oleh Allah


153.
تحية البيت الطواف (لا أصل له . "الأسرار المرفوعة". "اللؤلؤ المرصوع". "الموضوعات الصغرى" للقاري)

Penghormatan Baytullah adalah Thawwaf

154.
النظرة سهم من سهام إبليس من تركها خوفاً من الله آتاه الله إيماناً يجد حلاوته في قلبه (ضعيف جداً. "الترغيب والترهيب" للمنذري. "مجمع الزوائد" للهيثمي. "تلخيص المستدرك" للذهبي)

Memandang wanita adalah adalah panah Iblis. Barangsiapa yang meninggalkan dari melihat memandang wanita karena takut kepada Allah swt, maka ia akan diberikan keimanan oleh Allah swt  (dengan) menyepikan diri


155.
إذا صليتم فقولوا سبحان الله ثلاثا وثلاثين والحمد لله ثلاثا وثلاثين والله أكبر ثلاثا وثلاثين ولا إله إلا الله عشرا فإنكم تدركون بذلك من سبقكم وتسبقون من بعدكم (ضعيف)

Bila kalian usai melakukan shalat, maka ucapkanlah subhanallah 33 kali, alhamdulillah 33 kali, Allahu akbar 33 kali dan wa laa ilaaha illallah 10 kali. Sungguh, dengan itu kalian akan dapat menyusul orang-orang yang mendahului kalian dan akan mendahului orang-orang yang sesudah kalian.


156.
انطلق النبي صلى الله عليه وسلم وأبو بكر إلى الغار، فدخلا فيه فجاءت العنكبوت فنسجت على باب الغار...الخ)) . (ضعيف . "الضعيفة". "التحديث بما قيل لا يصح فيه حديث" لبكر أبي زيد)

Berlalulah Nabi saw bersama Abu Bakar ke goa. Ketika memasuki goa, datanglah laba laba menangis di depan pintu goa…..dst


157.
الخلق الحسن يذيب الخطايا كما يذيب ا لماء الجليد والخلق السوء يفسد العمل كما يفسد الخل العسل (ضعيف جدا)

Budi pekerti yang baik dapat melelehkan kesalahan-kesalahan sebagaimana air melelehkan salju. Dan budi pekerti yang buruk merusak amalan sebagaimana cuka merusak madu


158.
أحسنوا إلى عمتكم النخلة فإن الله تعالى خلق آدم ففضل من طينتها فخلق منها النخلة (موضوع)

Bersikap baiklah kepada pohon kurma, karena sesungguhnya Allah swt telah menciptakan Adam dari tanah, kemudian dari sisa tanah tersebut Ia menciptakan pohon kurma [palsu]


 159.
خلقت النخلة والرمان والعنب من فضل طينة آدم ( ص ) (ضعيف جدا)

Pohon kurma, delima dan anggur telah diciptakan Allah swt dari sisa tanah untuk menciptakan Adam [dhaif sekali]


 160.
 الدنيا دار من لا دار له ومال من لا مال له ولها يجمع من لا عقل له (ضعيف جدّاً. "الأحاديث التي لا أصل لها في الإحياء" للسبكي . "تذكرة الموضوعات" للفتني)

Dunia itu rumah bagi orang yang yangs esungguhnya tak punya rumah dan harta bagi orang yang yang sesungguhnya tak punya harta Dan dunia itu mengumpulkan orang orang yang tak berakal [dlaif]


 161.
من قرأ { قل هو الله أحد } مئتي مرة غفرت له ذنوب مئتي سنة (منكر)

Barangsiapa membaca surat qul huwallahu ahad dua ratus kali, maka diampuni dosanya selama dua ratus tahun [munkar]


162.
من قرأ { قل هو الله أحد } مئتي مرة كتب الله له ألفا وخمس مئة حسنة إلا أن يكون عليه دين  ( موضوع)

Barangsiapa membaca qul huwallahu ahad dua ratus kali, maka Allah menetapkan baginya seribu lima ratus pahala, kecuali bila ia mempunyai utang [palsu]


163.
كنت نبيا وآدم بين الماء والطين ( موضوع)

Aku telah menjadi Nabi, ketika Adam masih berada antara air dengan tanah [palsu]


 164.
كنت نبيا ولا آدم ولا ماء ولا طين ( موضوع)   

Aku telah menjadi seorang Nabi ketika tidak ada Adam, tidak ada air, dan tidak ada tanah [palsu]


165.
لعن الله الناظر إلى عورة المؤمن والمنظور إليه ( موضوع)

Allah swt melaknat orang-orang yang melihat aurat orang mukmin dan yang terlihat auratnya [palsu]


 166.
من أكل مع مغفور له غفر له (كذب)

Barangsiapa makan bersama orang yang telah diampuni dosanya, maka ia pun terampuni dosanya [dusta]


167.
لكل شئ زكاة وزكاة الدار بيت الضيافة (موضوع)

Segala sesuatu ada zakatnya, dan zakat rumah adalah ruangan tamu


168.
من ولد له مولود فأذن في أذنه اليمنى وأقام في أذنه اليسرى لم تضره أم الصبيان (موضوع)

Barangsiapa dianugerahi anak kemudian ia azan di telinga kanannya dan iqamat di telinga kirinya, maka anak itu kelak tidak akan diganggu jin


169.
سألت ربي عز وجل أن لايدخل أحدا من أهل بيتي النار فأعطانيها (موضوع)

Aku bermohon kepada Allah Azza wa Jalla untuk tidak memasukkan seorang pun dari ahli baitku (keluargaku) ke dalam neraka, maka Allah mengabulkannya


 170.
ما علم الله من عبد ندامة على ذنب إلا غفر له قبل أن يستغفر (موضوع)

Tidaklah Allah SWT mengetahui akan penyesalan seorang hamba akan dosanya, kecuali Ia mengampuninya sebelum hamba tadi beristighfar


 171.
من تمسك بسنتي عند فساد أمتي فله أجر مئة شهيد (ضعيف جدا)

Barangsiapa berpegang teguh kepada sunnahku pada saat kerusakan melanda umatku, maka baginya pahala seperti pahala seratus syahid


 172.
الذبيح إسحاق (ضعيف)

Yang disembelih adalah Ishaq.


 173.
إن جبريل ذهب بإبراهيم إلى جمرة العقبة فعرض له الشيطان فرماه بسبع حصيات فساخ فلما أراد إبراهيم أن يذبح ابنه إسحاق قال لأبيه ياأبت أوثقني لاأضطرب فينتضح عليك من دمي إذا ذبحتني فشده فلما أخذ الشفرة فأراد أن يذبحه نودي من خلفه { أن يا إبراهيم قد صدقت الرؤيا } (ضعيف)

Jibril telah membawa Ibrahim menuju ke Jumratul Aqabah, kemudian dihadang oleh setan, maka Ibrahim pun melemparnya dengan tujuh batu hingga terjatuh. Dan ketika Ibrahim telah siap untuk menyembelih Ishaq, Ishaq berkata kepadanya, ‘Wahai ayahku, ikatlah aku agar aku tidak gemetar, hingga engkau terpercik oleh darahku ketika menyembelihku.’ Ibrahim pun mengikatnya. Ketika ia mengambil pisau besar untuk menyembelihnya, tiba-tiba ada seruan dari belakangnya, ‘Wahai Ibrahim! Sesungguhnya engkau telah membenarkan mimpi itu.' (ash-Shaafat: 105).


 174.
إن الله عز وجل خلق السماوات سبعا فاختار العليا منها فسكنها وأسكن سائر سماواته من شاء من خلقه وخلق الأرضين سبعا فاختار العليا منها فأسكنها من شاء من خلقه ثم خلق الخلق فاختار من الخلق بني آدم واختار من بني آدم العرب واختار من العرب مضر واختار من مضر قريشا واختار من قريش بني هاشم واختارني من بني هاشم فأنا من خيار إلى خيارفمن أحب العرب فبحبي أحبهم ومن أبغض العرب فببغضي أبغضهم (منكر)

Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla telah menciptakan langit tujuh lapis, kemudian la pilih tingkat yang paling tinggi untuk tempat tinggal-Nya, dan menjadikan penghuni bagi langit-langit-Nya siapa saja dari makhluk-Nya yang Ia kehendaki. Dan Allah juga menciptakan bumi ini tujuh lapis, maka Ia pilih lapis yang paling tinggi, dan menempatkan padanya siapa saja dari makhluk-Nya yang Ia kehendaki. Kemudian Allah menciptakan makhluk, dan memilih dari sekian banyak makhluk-Nya anak cucu Adam, dan dari anak cucu Adam Ia memilih bangsa Arab, dan dari bangsa Arab Ia memilih Bani Mudhar, dan dari Bani Mudhar Ia memilih suku Quraisy, dan dari suku Quraisy la memilih Bani Hasyim. Karena itu, akulah orang pilihan dari pilihan-pilihan yang dilakukan. Barangsiapa mencintai bangsa Arab, maka dengan mencintaiku, aku cintai mereka, dan barangsiapa membenci bangsa Arab, maka dengan membenciku, aku membenci mereka


 175.
إن إدريس صلى الله عليه وسلم كان صديقا لملك الموت فسأله أن يريه الجنة والنار فصعد بإدريس فأراه النار ففزع منها وكاد يغشى عليه فالتف عليه ملك الموت بجناحه فقال ملك الموت أليس قد رأيتها قال بلى ولم أر كاليوم قط . ثم انطلق به حتى أراه الجنة ن فدخلها فقال ملك الموت انطلق قد رأيتها . قال إلى أين قال ملك الموت حيث كنت . قال إدريس لا والله لاأخرج منها بعد أن دخلتها . فقيل لملك الموت أليس أنت أدخلته إياها وإنه ليس لأحد دخلها أن يخرج منها  ( موضوع)    

Nabi Idris adalah teman karib malaikat maut. Suatu ketika Idris memintanya agar diperlihatkan padanya surga dan neraka, maka diangkatnya Idris dan ditunjukkan padanya neraka. Idris terperanjat dan takut hingga hampir pingsan. Malaikat maut mendekapnya dengan sayapnya seraya berkata, ‘Bukankah engkau telah melihat-nya ? ‘Idris menjawab, ‘Memang benar, dan aku belum pernah melihat seperti hari ini.’ Kemudian Idris diajak hingga dapat melihat surga dan memasukinya. Malaikat maut berkata, ‘Ayo pergilah, karena engkau telah melihatnya.’ Idris bertanya, ‘Pergi ke mana ?’ Malaikat maut berkata, ‘Ke tempat asal mu. ‘Idris menjawab, ‘Tidak! Demi Allah aku tidak akan keluar darinya setelah engkau ajak aku memasukinya.’ Kemudian dikatakan kepada malaikat maut itu, ‘Bukankah engkau telah mengajaknya masuk ke dalam surga ? Sesungguhnya siapa saja yang telah memasukinya, pastilah tidak akan keluar darinya


  176.
لما حملت حواء طاف بها إبليس وكان لايعيش لها ولد فقال سميه عبد الحارث فسمته عبد الحارث فعاش وكان ذلك من وحي الشيطان وأمره ( ضعيف)

Ketika Siti Hawa mengandung, iblis mengitarinya sedang ia tak mempunyai anak laki-laki yang hidup. Maka berkatalah iblis kepadanya, ‘Namailah anakmu itu Abdul Harits. ‘Hawa pun menamainya dengan Abdul Harits dan hidup. Dan itu ilham serta perintah dari setan


 177.

ما مات رسول الله صلى الله عليه وسلم حتى قرأ وكتب (موضوع)

Rasulullah saw. tidak meninggal dunia hingga beliau telah dapat membaca dan menulis


 178.
يقوم الرجل للرجل إلا بني هاشم فإنهم لايقومون لأحد (موضوع)

“Seseorang berdiri untuk menghormati orang lain, kecuali Bani Hasyim. Mereka tidak akan melakukannya kepada siapa pun.”


لاتقوموا كما تقوم الأعاجم يعظم بعضها بعضا . ( ضعيف ) معنى الحديث صحيح . قال أنس بن مالك ما كان شخص في الدنيا أحب إليهم رؤية من رسول الله صلى الله عليه وسلم وكانوا لايقومون له لما يعلمون من كراهيته لذلك أخرجه البخاري في الأدب المفرد والترمذي والضياء المقدسي وأحمد . وسنده صحيح ( انظر التفصيل في الكتاب)

Janganlah kalian berdiri sebagaimana kebiasaan kaum ajam (non-Arab) dalam menghormati antara satu dengan yang lain.” [dhaif]

//**  Adapun tentang makna hadits memang shahih, yakni perihal makruhnya berdiri demi menghormati seseorang yang datang dalam suatu majelis atau rumah sekalipun. Dalam sebuah hadits shahih yang diberitakan oleh Anas bin Malik ra., ia berkata, “Sungguh, tidak ada yang lebih disenangi oleh seseorang di dunia ini daripada melihat (bertemu) Rasulullah saw. Dan mereka (para sahabat) tidak berdiri dalam menghormatinya, karena mereka mengetahui ketidaksukaan beliau melakukan demikian.”

Hadits Anas tersebut ada dalam shahih Bukhari dalam bab “Adab al-Mufrad” , dan shahih Tirmidzi , serta Musnad Imam Ahmad  dengan sanad sesuai dengan persyaratan Shahih Muslim **//


179.
لا تزال الأمة على شريعة ما لم تظهر فيهم ثلاث ما لم يقبض منهم العلم ويكثر فيهم ولد الخبث ويظهر السقارون قالوا وما السقارون يا رسول الله قال بشر يكونون ف آخر الزمان تكون تحيتهم بينهم إذا تلاقوا اللعن (منكر)

Senantiasa umat ini akan tetap berpegang teguh pada ajaran syari’at, selama belum muncul tiga perkara. Yaitu dicabutnya ilmu dari mereka, banyaknya anak yang lahir dari perzinaan, dan munculnya as-Saqqarun. Rasulullah saw. ditanya, ‘Apakah as-Saqqarun itu, wahai Rasulullah? ‘Beliau menjawab, ‘Yaitu manusia-manusia yang datang pada akhir zaman, yang salam penghormatan di antara mereka bila bertemu adalah saling mengutuk


180.
إن الله تعالى أوحى إلي في علي ثلاثة أشياء ليلة أسري بي أنه سيد المؤمنين وإمام المتقين وقائد الغر المحجلين (موضوع)

Sesungguhnya Allah SWT telah mewahyukan kepadaku tiga hal pada malam Isra dan Mi’raj tentang Ali. Dia adalah sebagai pemimpin kaum mukminin, sebagai imamnya kaum muttaqin, dan pemimpin (jenderalnya) pasukan yang bersih raut mereka


 181.
خلق الله تعالى آدم من طين الجابية وعجنه بماء الجنة (منكر)

Allah SWT telah menciptakan Adam dari tanah liat (lempung), kemudian diaduk dengan air surga


182.
إتبعوا العلماء فإنهم سرج الدنيا ومصابيح الآخرة (موضوع)

Ikutilah para ulama, karena sesungguhnya mereka adalah lampu-lampu dunia dan lenteranya akhirat


183.
إن في الجنة بابا يقال له الضحى فإذا كان يوم القيامة نادى مناد أين الذين كانوا يديمون على صلاة الضحى هذا بابكم فادخلوه برحمة الله عز وجل (ضعيف جدا)

Sesungguhnya di dalam surga terdapat pintu, yang dinamakan “Pintu Dhuha “. Bila tiba hari kiamat nanti, menyerulah seorang penyeru, “Di manakah orang-orang yang membiasakan dirinya shalat Dhuha ? Inilah pintu kalian. Maka masuklah dengan rahmat Allah Azza wa Jalla


184.
إن لله ملائكة موكلين بأبواب الجوامع يوم الجمعة يستغفرون لأصحاب العمائم البيض (موضوع)

Sesungguhnya Allah memiliki malaikat yang ditugaskan menjaga pintu-pintu masjid pada hari Jum’at, sambil memohon ampunan bagi pemakai sorban putih


 185.
اطلبوا العلم ولو بالصين  (موضوع . "الموضوعات" لابن الجوزي. "ترتيب الموضوعات" للذهبي  . "الفوائد المجموعة")

Tuntutlah ilmu sekalipun ke negeri China


186.
إبنتي فاطمة حوراء آدمية لم تحض ولم تطمث وإنما سماها فاطمة لأن الله فطمها ومحبيها من النار (موضوع)

Putri ku Fatimah adalah bidadari manusia yang tidak berhaid dan tidak pula bernajas. Sesungguhnya ia dinamakan Fatimah karena Allah menjauhkannya bersama orang-orang yang mencintainya dari api neraka


187.
طاعة المرأة ندامة (موضوع)

Mentaati kaum wanita adalah penyesalan (akibatnya)


188.
هلكت الرجال حين أطاعت النساء ( ضعيف)

Binasalah laki-laki ketika mentaati wanita


189.
من ولد له ثلاثة فلم يسم أحدهم محمدا فقد جهل (موضوع)

Barangsiapa dikaruniai tiga orang putra namun tak satu pun ada yang dinamakan Muhammad, maka ia bodoh


190.
مثل أصحابي مثل النجوم من اقتدى بشيء منها اهتدى( موضوع)

Perumpamaan para sahabatku adalah bagaikan bintang-bintang di langit. Barangsiapa meneladaninya, pastilah ia mendapat petunjuk.

191.
حسن الخلق يذيب الخطايا كما تذيب الشمس الجليد وإن الخلق السوء يفسد العمل كما يفسد الخل العسل (ضعيف جدا)

Budi pekerti yang baik melelehkan kesalahan-kesalahan, seperti sinar matahari melelehkan salju; dan budi pekerti yang buruk merusak amalan sebagaimana cuka merusak madu.


192.
الخلق الحسن يذيب الخطايا كما يذيب ا لماء الجليد والخلق السوء يفسد العمل كما يفسد الخل العسل (ضعيف جدا)

Budi pekerti yang baik dapat melelehkan kesalahan-kesalahan sebagaimana air melelehkan salju. Dan budi pekerti yang buruk merusak amalan sebagaimana cuka merusak madu.


193.
  كان إبليس أول من ناح وأول من تغنى  ( لاأصل له)

Adalah iblis (makhluk) yang pertama menangis dan yang pertama pula menyanyi


SHARE :